Nice and Sweet ^o^

Tuesday 28 October 2008

Let Go (II)

Kemarin nonton drama Jalan Kehidupan di DAAI TV. Biasanya nggak pernah nonton. Sudah seri ke 24. Ceritanya, ada sebuah keluarga yang anak laki-laki satu-satunya meninggal akibat kecelakaan. Barangkali ditabrak oleh seorang anak dari keluarga orang lain, atau bagaimana.

Kalau berorientasi pada jalan cerita, drama itu tentu saja sangat amat membosankan. Isinya hanya berupa percakapan-percakapan antar anggota keluarga. Perenungan dari masing-masing anggota keluarga. Tetapi sangat meneduhkan hati lho :)

Pelajaran kebijaksanaan yang disampaikan sangat banyak. Dan sepertinya semuanya mengena padaku :D Yang paling mengena adalah ketika seorang kakak Tzu Chi berkata pada para anggota keluarga, “Yang meninggal sudah tenang. Yang menderita adalah hati yang tidak rela.” Dalam kondisiku pada saat ini, kalimat itu bukan sekedar kena, tetapi mungkin menusuk :D

Keluarga tersebut akhirnya merelakan kepergian anaknya. Mereka pula merelakan beban yang ada di hati mereka dengan memaafkan orang yang menabrak anak mereka, membagikan cinta kasih yang universal pada orang lain.

Hal lain yang mengena padaku adalah ketika mereka sekeluarga akhirnya menyadari bahwa kita tidak boleh menunggu sampai hari esok. Genggamlah hari ini. Pergunakan untuk mengimplementasikan kasih. Apa yang kita miliki saat ini, adalah anugrah yang terbesar. Jangan fokuskan pada apa yang kita tidak punya, tetapi hargailah apa yang kita miliki saat ini. Cintailah apa yang saat ini masih ada bersama kita. Nikmatilah waktu-waktu berharga bersama mereka yang seharusnya kita sayangi. Manfaatkan dengan baik waktu dan harta yang kita punya.

Tiba-tiba aku merasa sangat bersyukur. Menontonnya bukan suatu kebetulan. Mungkin belakangan ini pikiranku terlalu sibuk dengan penyesalan di masa lalu. Terlalu sibuk mengkhawatirkan hari esok. Terlalu sibuk berfokus pada kesedihan ataupun rasa kehilanganku. Tapi kehidupan memberikan hadiah yang sangat indah buatku. Yaitu pelajaran praktek kerelaan hati :) Dan rasa syukur atas segala yang kupunya saat ini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home