Nice and Sweet ^o^

Monday 17 November 2008

Lapis Surabaya ala Vin

Wiken kemarin diisi dengan membuat kue Lapis Surabaya bersama bunda tersayang :D Sebenarnya karena penasaran saja. Sekitar sebulanan kemarin sudah sempat buat, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Jadinya wiken kemarin bikin lagi deh. Kali ini dengan resep yang agak berbeda. Untuk takaran bahan, semuanya dari aku. Untuk metode pembuatan, asuhan dari bunda.

Berikut bahan dan cara pembuatannya:

Bahan:

30 butir putih telur ayam kampung

± 425 – 450 gr margarin

± 350 – 375 gr gula halus

± 125 gr terigu

± 1 sdm pelembut kue (yang tidak diketahui apakah terlalu banyak atau terlalu sedikit karena tidak pernah pakai sebelumnya).

± ½ sdm vanili

Selai nanas (buat lapisan. Nggak tau berapa banyak pastinya… yah dikira-kira ajah secukupnya. Bisa menggunakan selai apa saja tergantung selera.)

Coklat bubuk secukupnya yang penting warna adonannya cukup coklat

Catatan: Margarin dan gula halus tidak tau berat sesungguhnya karena tidak ditimbang. Pake kira-kira ajah asal tuang. Soalna berdasarkan pengalaman, kalau terlalu strict alias sampe ditimbang-timbang dan ngikutin resep, biasanya nggak jadi. So, ya ngasal ajah. Based on suka-sukanya feeling.

Cara pembuatan:

  1. Kocok kuning telur sampai mengembang. Sekitar setengah jam.
  2. Kocok margarin, lalu perlahan lahan ditambahkan gula halus, Kocok sampai mengembang. Sekitar setengah jam juga.
  3. Campur kuning telur dengan adonan margarin, tambahkan pelembut kue, vanili, dan tepung terigu. Kocok terus. (Lupa berapa lama… Mungkin sekitar 15 menitan atau lebih).
  4. Bagi adonan menjadi 3 bagian (harusnya sih sama rata… kalo aku, males diukur-ukur… asal tuang ajah kira-kira sama rata ya udah).
  5. Salah satu bagian adonan dicampur dengan coklat dan diaduk rata.
  6. Panggang masing-masing adonan dan setelah matang di susun dengan terlebih dulu mengolesi selai secukupnya
    Catatan: jangan terlalu sedikit juga mengolesi selai karena kalau terlalu sedikit kuenya tidak menempel.

Hasilnya: MAK NYOOOOOOOOOOSSSSSSSSSSSS!!!!! Enak banget lhoooo… Semua yang makan bilang enak koq… Sekitaaaaaaarrrrrr 5 orang lah. Manisnya pas… Lembutnya pas… Setidaknya tuh rasa cocok banget deh ama lidahku :D

Tadinya mau difoto dulu… tetapi ya maaaap deh :( Secara kuenya sudah keburu habis duluan sebelum sempat difoto. Hihi… Pingin buat makanan-makanan lain lagi aaaahhh….

Catatan lagi: Harusnya sih yang bagian coklat ada di tengah. Tapi ini juga tergantung selera. Kalau mau bikin yang coklat di pinggir, atau 2 coklat dan 1 kuning di tengah… ya silahken :D Tergantung kreatipitas. Tidak usah terlalu strict dengan yang sudah ada pada umumnya :D

0 Comments:

Post a Comment

<< Home